SEJARAH SMK PU PROVINSI JAWA BARAT


Sekolah Menengah Kejuruan Pekerjaan Umum atau disingkat SMK-PU didirikan diBandung pada tahun 1961 berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Jawa Barat Nomor : 15/UP/VII-b/I/61, tanggal 27 Juli 1961.

Sejak berdirinya sampai dengan saat ini, SMK-PU berdomisili di Jl. Garut No.10Bandung 40271. Adapun dasar pertimbangan Gubernur Kepala Daerah Jawa Barat menerbitkan Surat Keputusan tersebut diatas adalah sebagai berikut :

1. Bahwa guna mengisi kekurangan tenaga teknik menengah pada jawatan Pekerjaan Umum Daerah Tingkat I Jawa Barat, jawatan-jawatan Pekerjaan Umum Daerah Tingkat I Jawa Barat Tingkat II di Jawa Barat dan instansi-instansi Pemerintah Daerah Tingkat I Jawa Barat lainnya untuk melaksanakan pembangunan sesuai dengan program pemerintah, dibutuhkan sejumlah tenaga berpendidikan teknik menengah dalam jangka pendek.

2. Bahwa tenaga-tenaga teknik tersebut diperlukan untuk mengisi lowongan tenaga-tenaga teknik menengah yang telah diberhentikan dengan hak pensiun.

3. Bahwa hasil dari sekolah-sekolah teknik menengah yang ada di Jawa Barat belum dapat memenuhi kebutuhan dinas-dinas Pekerjaan Umum dalam lingkungan Daerah Tingkat I Jawa Barat termaksud diatas.

Dalam kurun waktu yang cukup panjang (± 42 tahun), SMK-PU masih tetap eksis dan telah menghasilkan tenaga-tenaga teknik menengah dalam jumlah cukup besar, yaitu sebanyak 5.937 orang dari berbagai jurusan yang tersebar di Jawa Barat atau bahkan di provinsi-provinsi lainnya di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Perjalanan waktu selanjutnya sesuai dengan Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 466.4/Kep.374-Yansos/2004, tentang pengangkatan Pembina, Pengawas, Pengurus dan Pelaksana Yayasan Darmaloka, maka SMK-PU Provinsi Jawa Barat secara otomatis menjadi salah satu binaan dari pengelolaan Yayasan Darmaloka milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat.